tab

Senin, 02 September 2019

Bahasa Daerah Pemersatu atau Pemecah Bangsa



Diera milenial saat ini, gaya hidup dalam berkomunikasi kebanyakan orang berubah. Bahasa daerah kian lama makin ditinggalkan. Bahasa daerah cenderung dianggap kuno atau ketinggalan jaman. Sehingga banyak generasi muda yang enggan untuk menggunakan bahasa daerahnya masing-masing untuk berkomunikasi.
Masyarakat saat ini lebih suka menggunakan bahasa Indonesia diselingi bahasa asing untuk berkomunikasi sehari-hari. Seperti ada sebuah kebanggaan apabila dapat menggunakan istilah-istilah bahasa asing untuk bercakap di kesehariannya. Menjadikan penggunaan bahasa daerah semakin tertinggalkan.

Apakah salah menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi?jelas tidak. Sesuai yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 36 yang bersumber dari bahasa yang diikrarkan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928. Bahasa Indonesia hukumnya wajib digunakan seluruh warga Indonesia. Tujuan daripada itu untuk menjaga keutuhan dari NKRI. Jadi segala bentuk unsur kedaerahan mengkristal menjadi satu.
Apakah salah menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi? Penulis katakan sah-sah saja. Karna dalam semboyan bangsa Indonesia yang berbunyi “Bhineka Tunggal Ika” terkandung maksud berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Kata “berbeda-beda” dalah hal ini, adalah bahasa. Dasar negara kita mengakui keberagaman bangsa Indonesia sehingga penggunaanya tidak menjadi masalah dan tidak menyalahi aturan yang ada.

Penggunaan bahasa daerah dan bahasa Indonesia hendaknya digunakan secara bijak. Artinya kita harus tau tempat dimana kita berada dan dengan siapa kita berbicara. Misalkan kita berada dalam acara yang resmi hendaknya kita menggunakan bahasa Indonesia sebagai pengantar. Diluar itu bolehlah kita menggunakan bahasa daerah sebagai rasa cinta kita kepada berbagai bahasa daerah yang ada di Indonesia .  Apabila kita dapat dengan baik menggunakannya niscaya tidak akan ada masalah dikemudian hari. 

Pelangi indah bukan karena satu warna, melainkan mempunyai banyak warna. Bahasa daerah adalah bagian dari bahasa Indonesia itu sendiri. Dan bahasa Indonesia adalah bentuk kristalisasi dari semua bahasa daerah yang ada di Indonesia. Tetap jaga keduanya karna kita adalah INDONESIA dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kumpulan Soal-soal Tema 2 Kelas V

Apabila ada kesalahan kunci jawaban, mohon tolong koment dibawah.! 1               Alat Pernapasan pada cacing adalah…. 2          ...